XL Bakal Perluas Layanan ke Indonesia Timur – Djamal Aziz dotcom

XL Axiata berencana untuk memperluas layanan telekomunikasi hingga ke Indonesia Timur yakni Ternate, Ambon, dan Jayapura.

Rencana ekspansi jaringan ini juga termasuk upaya membangun koneksi jaringan dari Sabang sampai ke kepulauan Simeuleu, Aceh.

Direktur teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan tahun ini pihaknya akan mulai membangun jaringan hingga ke Indonesia timur.

“Di tahun ini kita juga akan mulai membangun [jaringan data] di Ternate, Ambon dan Jayapura. Jadi memang kita akan terus investasi untuk pembangunan jaringan,” terang Yessie kepada awak media.

Sebelumnya, Yessie menuturkan XL telah membangun akses jaringan data di kepulauan Anamba, kepulauan Tarempa yang telah terkoneksi di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

“Sekarang di Nusa Tenggara saja kita sudah ada jaringan data di 31 kabupaten kota. Jadi jaringan 4G XL itu menjangkau sampai daerah yang terluar di Indonesia,” pungkasnya.

Perempuan berambut pendek ini menuturkan serat optik menjadi tantangan yang dihadapi XL saat menggelar jaringan ke area Indonesia timur.

Anak perusahaan Axiata Group ini mengatakan untuk pihaknya sudah beralih ke jaringan serat optik untuk menghadirkan layanan data. Yessie beralasan beralihnya XL dari ‘transportasi tradisional’ ke serat optik tak lain untuk memberikan jangkauan lebih luas untuk mengkoneksikan kepulauan Anambas.

“Kalau nanti sampai ke kepulauan Anambas sudah ada jaringan data kita dan itu berkat fiber optic dari Palapa Ring Barat. Kita juga punya rencana nanti untuk menggunakan Palapa Ring Timur,” sambungnya.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

WhatsApp chat