Suara Enam ‘Tuhan’ dari Jember Ikut Tentukan Pemilu 2019 – Djamal Aziz dotcom

Sebanyak enam orang beridentitas Tuhan, bakal menggunakan hak pilihnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg), 17 April 2019 mendatang. Suara mereka bakal ikut menentukan pemimpin Indonesia ke depan.

Enam pemilik nama Tuhan itu seluruhnya berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Komisioner KPU Jember Rima Diana Puspita, mengatakan pihaknya sempat keheranan mengetahui enam Tuhan tersebut dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Ya, awal pastinya heran, namanya hanya satu kata Tuhan, begitu” kata Rima, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (27/2).

Rima menuturkan KPU langsung menugaskan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk memastikan secara langsung kebenaran pemilik nama Tuhan.

Sejumlah upaya untuk memastikan ditempuh, yakni dengan melakukan verifikasi kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) yang bersangkutan.

Tak hanya itu, petugas PPS juga melakukan verifikasi faktual dengan menemui langsung enam warga tersebut.

“Petugas PPS itu mendatangi orang yang bersangkutan untuk dipastikan betul KK maupun KTP-nya, dan orangnya ada, dan didokumentasikan,” ujar Rima.

Hasilnya, memang benar, enam warga bernama Tuhan itu adalah orang yang berbeda. Mereka juga tersebar di enam desa dan lima kecamatan yang ada di Jember.

Tuhan pertama beralamat di Dusun Darungan RT 01 RW 08, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember, dan terdaftar dalam DPT di TPS 15.

Tuhan kedua beralamat di Dusun kebon RT 03 RW 14 Desa Tutul, Kecamatan Balung, Jember. Ia terdaftar pada DPT di TPS 22.

Kemudian alamat Tuhan ketiga ada di Dusun Gumuk Banji RT 02 RW 35, Desa Kencong, Kecamatan Kencong, Jember, dan terdaftar sebagai pemilih di TPS 79.

Lalu, Tuhan keempat beralamat di Jalan Manyar Krajan RT 01 RW 06, Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Jember. Ia tercatat dalam DPT di TPS 12.

KTP Tuhan, warga Jember yang ikut Pemilu 2019.

Yang kelima adalah Tuhan yang beralamat Dusun Racekan RT 58 RW 11, Desa Pringgowirawan, Kecamatan Sumberbaru, Jember. Ia tercatat akan menggunakan hak pilihnya di TPS 19.

Sementara yang terakhir, adalah Tuhan keenam yang beralamat di Dusun Karanganom RT 03 RW 10, Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru, Jember. Ia terdaftar di TPS 13.

Rima menyebut sebenarnya ini bukan kali pertama keenamnya menggunakan hak pilih. Mereka sudah pernah terdaftar dalam DPT pemilihan kepala daerah pada 2015, dan Pemilihan Gubernur Jatim 2018 lalu.

Kendati demikian, Rima menyebut verifikasi data dan faktual harus senantiasa dilakukan setiap pemutakhiran data KPU. Hal itu demi mengantisipasi pemilih ganda.

Selain itu, menurut Rima penemuan nama-nama unik semacam ini juga banyak terjadi di wilayahnya.

“Kalau di KPU, ada nama-nama yang unik cuma huruf A, atau cuma satu suku kata itu juga ada, jadi kita selalu lakukan verifikasi faktual,” kata Rima.

Jelang Pemilu 2019, total pemilih di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember berjumlah 1.863.478 orang, mereka bakal menggunakan hak pilihnya di 7666 TPS. Ditambah lagi empat TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas 2A Jember.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

WhatsApp chat