Situs Pendaftaran UTBK SBMPTN Lambat Karena Antrean Menumpuk – Djamal Aziz dotcom

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 banyak dikeluhkan calon peserta lantaran kerap menemui kendala dalam mengakses situs pendaftaran SBMPTN 2019.

Wakil Ketua I Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Joni Hermana menolak tudingan yang menyebut sistem pendaftaran online Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) macet dan mengganggu proses pendaftaran para pelamar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Joni mengatakan kepadatan para pelamar yang melakukan registrasi membuat sistem memuat antrean yang panjang, namun bukan berarti macet.

“Tidak lah, dengan normal pun tidak ada masalah sebenarnya,” Kata Joni Hermana kepada CNNIndonesia.com dalam keterangan tertulis, Senin (4/3).

Joni lantas memaparkan hasil monitoring data peserta yang telah berhasil mengakses dan melakukan pendaftaran UTBK pada hari ini. Tercatat sejak pukul 11.30 WIB Senin (4/3), kata dia, telah ada 4.000 siswa yang sudah berhasil memfinalisasi pendaftarannya.

“Pukul 15.40 WIB tadi [red: kemarin], tercatat sudah 37.000 siswa yang melakukan finalisasi,” sambungnya.

“Sebenarnya sistem kita tidak bisa dikatakan macet, tetapi memang sistemnya antre karena semua berusaha daftar dalam waktu yang bersamaan,” kata Joni Hermana.

Klarifikasi Joni sekaligus menanggapi keluhan di media sosial para pelamar SBMPTN untuk melakukan registrasi UTBK. Sejumlah postingan bernada kecewa membanjiri akun resmi instagram SBMPTN 2019 mengenai siaran pers penjelasan ketua LTMPT tentang Pendaftaran UTBK 2019.

Mereka menyatakan kekecewaan terkait server pendaftaran LTMPT yang dibuka kembali hari ini. “Lancar dari mana ? dari pagi sampe sekarang kaga bisa mulu,” cuitan akun @bimowirayuda.

“Kok masih suka eror sih jadinya enggak bisa daftar. Waktu login aman-aman aja tapi waktu mau unggah foto kalo enggak eror kembali ke laman awal,” lanjut cuitan akun @jusmia_1.

Seperti diketahui, situs pendaftaran UTBK yang dibuka pada Jumat (1/3) sempat dihentikan sementara oleh LTMPT sehari setelahnya. Hal tersebut dilakukan karena terjadi kendala teknis yang membuat laman khusus LTMPT sulit diakses.

Pendaftaran peserta UTBK kembali dibuka pada hari ini, Senin (4/3), pukul 08.00 WIB pagi tadi. Penonaktifan laman tak lantas menyurutkan para pelamar untuk menghentikan kritik.

“Kirain mantenance 2 hari buat benerin web, ini masih jelek banget web nya astagfirullah,” cuit @deemhmdgufron.

Terkait hal tersebut, Joni Hermana mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan pada sistem, baik sistem pendaftaran maupun sistem pembayaran.

“Kita melakukan perbaikan atas adanya siswa yang emailnya dianggap spam google saat dilakukan verifikasi, karena hampir semua siswa menggunakan gmail sebagai alamat kontaknya. Kami juga melakukan perbaikan atas beberapa peserta yang double session serta melakukan sinkronisasi dengan sistem bank untuk proses pembayaran,” pungkas Joni Hermana.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

WhatsApp chat