Pemerintahan Dibuka, Trump Pidato Kenegaraan 5 Februari – Djamal Aziz dotcom

Presiden Donald Trump akhirnya dijadwalkan memberikan pidato kenegaraan di hadapan Kongres Amerika Serikat pada 5 Februari mendatang, setelah sempat tertunda karena pemerintahan tutup selama satu bulan belakangan.

Jadwal pidato ini sudah dipastikan setelah Trump menerima surat undangan dari Ketua Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi, pada Senin (28/1).

“Saya mengundang Anda untuk memberikan pidato dalam State of the Union di hadapan Sidang Bersama Kongres pada 5 Februari 2019 di House Chamber,” tulis Pelosi, sebagaimana dikutip AFP.

Pidato ini sudah menjadi tradisi di AS. Setiap tahun, presiden AS harus menyampailkan pidato tahunan di depan seluruh kabinet serta anggota Kongres di gedung Capitol, tepatnya di ruang Dewan Perwakilan sebelum bersidang dengan Kongres.

Pelosi sebenarnya sudah mengundang Trump untuk menyampaikan pidatonya pada Selasa (29/1). Namun, pidato itu terpaksa ditunda karena alasan keamanan di tengah penutupan pemerintahan.

Penutupan pemerintahan ini terjadi karena Kongres tak menyepakati anggaran. Salah satu isu besar yang mengganjal adalah permintaan anggaran Trump untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Meksiko demi membendung arus imigran ilegal.

Trump memaksa Kongres menyetujui anggaran tersebut terlebih dulu, kemudian pemerintahan dibuka. Namun, Partai Demokrat menegaskan bahwa pemerintahan harus dibuka dulu, baru Kongres dapat membicarakan anggaran tembok.

Berlangsung sejak Desember, penutupan pemerintahan kali ini menjadi yang terlama sepanjang sejarah AS, dengan 80 ribu pegawai negeri federal menjadi korban karena tak mendapatkan gaji.

Setelah 34 hari, Trump akhirnya mengumumkan kesepakatan dengan Partai Demokrat untuk membuka kembali pemerintahan federal AS hingga 15 Februari.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

WhatsApp chat