Pakistan Tembak Jatuh Dua Jet Tempur India Dekat Kashmir – Djamal Aziz dotcom

Angkatan bersenjata Pakistan menyatakan telah menembak jatuh dua pesawat tempur India yang terbang di atas wilayah Kashmir pada Rabu (27/2).

Juru bicara militer Pakistan, Mayor Jenderal Asif Ghafoor mengatakan mereka berhasil menembak jatuh dua jet tempur India. Salah satu pesawat jatuh di wilayah Kashmir yang mereka kuasai, sementara satu jet lainnya jatuh di wilayah Kashmir bagian India.

Seorang pilot India dikabarkan berhasil ditangkap dalam insiden itu.

“Angkatan Udara menembak jatuh dua pesawat militer India di wilayah udara Pakistan. Seorang pilot India ditangkap oleh personel kami,” kicau Ghafoor melalui Twitternya, seperti dikutip pada Rabu (27/2).

Insiden ini terjadi sehari setelah Pakistan mengatakan sejumlah pesawat tempur India telah menerobos wilayah udaranya di Kashmir. Pakistan mengklaim angkatan udaranya berhasil mengusir jet-jet tersebut.

Dikutip AFP, kantor berita India, Press Trust of India (PTI), melaporkan pesawat-pesawat tempur Pakistan menerobos Poonch dan Nowshera, dua lokasi yang berada di wilayah de facto India.

PTI memaparkan jet-jet Pakistan juga menjatuhkan serangkaian bom saat kabur. Meski begitu, media tersebut tidak segera melaporkan apakah insiden itu menelan korban jiwa atau menyebabkan kerusakan.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri Pakistan juga merilis pernyataan yang menyebut bahwa angkatan udara India “meluncurkan serangan” di Garis Kendali (LoC) Kashmir dini hari tadi. LoC merupakan garis perbatasan yang memisahkan wilayah Kashmir milik India dan Pakistan.

Islamabad mengatakan serangan itu mengincar “target non-militer”. Pakistan mengatakan tidak berniat memperkeruh situasi yang sudah tegang.

Serangan di Garis Kendali itu terjadi sehari setelah jet tempur India memasuki wilayah Pakistan.

India mengklaim serangan itu berhasil menghantam sejumlah sasaran di perbatasan Kashmir, termasuk sebuah kamp milik Jaish-e-Mohammad.

Jaish-e-Mohammad (JeM) merupakan kelompok militan asal Pakistan yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bunuh diri pada 14 Februari lalu di Kashmir. Serangan itu menewaskan 40 personel militer India dan memicu ketegangan antara India-Pakistan.

Insiden itu membuat ketegangan Pakistan dan India kembali memanas di Kashmir, wilayah yang telah lama disengketakan kedua negara. India menuding Pakistan terlibat dalam bom bunuh diri itu.

Sementara itu, Pakistan membantah tudingan melindungi kelompok Jaish-e-Mohammad. Mereka menegaskan akan membalas setiap serangan udara yang diluncurkan India.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

WhatsApp chat