Pakar: Para Capres 2019 Jangan Fokus Pembangunan di Jawa Saja – Djamal Aziz dotcom

Pakar Ekonomi Perbanas Institute Hermanto Siregar menyarankan agar kedua calon presiden (capres) agar tidak melaksanakan pembangunan infrastruktur pertanian hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa.

“Ada beberapa capaian bagus, di mana terdapat pembangunan waduk-waduk yang kecil dan menengah seperti yang terlihat di Provinsi Banten, ini bisa menjadi sumber pangan baru. Namun, pembangunan seperti itu jangan cuma di Pulau Jawa,” ujarnya, Sabtu (16/2).

Hermanto menjelaskan bahwa desakan konversi lahan pertanian sangat tinggi, sedangkan pulau-pulau di luar Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera juga memiliki potensi yang sama.

“Jadi pembangunan infrastruktur di pulau-pulau selain Jawa juga harus diperhatikan,” katanya.

Hermanto pun memperkirakan kemanfaatan pembangunan infrastruktur selama empat tahun terakhir akan dibahas secara mendalam dalam debat kedua Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

“Pertama, persoalan infrastruktur itu bukan masalah ada atau tidak adanya jalan serta fasilitas seperti itu, namun kemanfaatannya yang harus kita lihat,” ujarnya.

Pakar ekonomi itu juga menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan langkah tepat, namun sebetulnya siapa yang akan memanfaatkan sarana infrastruktur tersebut serta berapa banyak hal itu akan berdampak pada kesejahteraan petani, kinerja usaha para petani misalnya dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

WhatsApp chat