Kembangkan Pengganti Android, Google Gaet Pejabat Apple – Djamal Aziz dotcom

Google merekrut veteran pengembang MacOS Apple, Bill Stevenson, untuk membantu mengembangkan Fuchsia. Fuchsia merupakan sistem operasi baru yang tengah dikembangkan Google.

Rencananya, OS bari ini akan mengeser sistem operasi Android untuk ponsel dan Chrome untuk produk laptop mereka. Google bercita-cita membuat Fuschia yang menyatukan sistem operasi untuk dua perangkat berbeda itu. Sehingga, Fuchsia bisa berjalan baik di smartphone maupun laptop.

Fuchsia juga diharapkan bisa berjalan pada perangkat speaker cerdas (smart speaker). Bahkan menurut beberapa laporan, Google bakal menempatkan Fuchsia untuk smartspeaker sebelum ditempatkan di smartphone ataupun laptop.

Meski sudah banyak diberitakan, namun Google belum mengakui keberadaan Fuchsia. Google juga tak mencegah bocoran- bocoran soal sistem operasi itu di internet yang sudah mulai ramai sejak 2016.

Stevenson adalah insinyur yang telah bekerja untuk Apple selama 14 tahun. Ia akan bergabung dengan Google pada Februari mendatang seperti tertulis dalam tulisan yang diposkan di LinkedIn pria ini.

“Saya sangat senang untuk memberitahukan kalau Februari mendatang saya akan bergabung dengan Google dan membantu mengembangkan sistem operasi baru yang dinamakan Fuchsia ke pasar,” tulisnya seperti dilaporkan 9to5Google.

Pada pertengahan tahun lalu, sebuah laporan menyebut Google butuh tiga tahun lagi agar siap untuk meluncurkan speaker cerdas Fuchsia. Selain itu diperkirakan butuh tambahan dua tahun lagi untuk membawa sistem operasi baru itu ke smartphone dan laptop.

Google tengah bersiap untuk menggeser Android di masa depan. Bulan lalu Google merilis versi stabil dari perangkat pengembangan aplikasi anyarnya, Flutter.
Dengan perangkat ini, pengembang bisa membangun aplikasi yang bisa berjalan di Android, iOS, dan Fuchsia.

Selain itu, bocoran lain menyebut kalau aplikasi Android nantinya bisa berjalan di platform Fuchsia. Dengan demikian Google berusaha menjaga agar transisi dari Android ke Fuchsia berjalan semulus mungkin.

Stevenson sendiri memulai karir di Apple sejak 2004 sebagai Product Release Engineer untuk sistem operasi Mac OS X. Empat tahun kemudian ia menjabat sebagai Senior Engineering Program Manager dan pada 2012 ia menjadi Senior Manager untuk manajemen program Mac/Windows.

Di Apple, tiap insinyur terlibat setiap perusahaan itu mengeluarkan sistem operasi baru, mulai dari Lion hingga Mojave. Mereka juga mengawasi pembuatan fitur lain seperti AirPlay, Find My Mac, iCloud untuk Mac, dan AirDrop.

Ia juga bekerja dengan pengembang pihak ketiga dan tim pengembang software dan hardware pihak ketiga di Apple. Seluruh keahlian Stevenson sepertinya cocok dengan kebutuhan Google dalam pengembangan Fuchsia yang juga ditujukan untuk perangkat laptop dan desktop, serta perangkat lainnya, seperti dilaporkan BGR.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

  •  
  • 1
  •  
  •  
    1
    Share
WhatsApp chat