IMF Ramal, 2020 Perlambatan Ekonomi AS Makin ‘Menjadi’ – Djamal Aziz dotcom

Ekonom IMF memperkirakan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada 2019 mendatang akan menghadapi tantangan berat. Dalam pernyataan yang dipublikasikan Minggu (9/12) kemarin mereka bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS tahun depan akan melamban jika dibandingkan tahun ini.

Kepala Ekonom IMF Maurice Obstfeld mengatakan perlambatan ekonomi dipicu oleh memudarnya efek kebijakan fiskal dan anggaran yang dijalankan oleh Pemerintahan Presiden Donald Trump.

Obstfeld yang berbicara beberapa hari menjelang pensiunnya mengatakan perlambatan ekonomi AS pada 2019 mendatang akan semakin menjadi di 2020. “Berdasarkan data yang kami lihat, pada 2020 perlambatan ekonomi yang semakin menjadi akan terjadi. Lebih dalam melambatnya jika dibandingkan 2019,” katanya seperti dikutip dari AFP, Senin (10/12).

IMF sebenarnya sudah merevisi turun proyeksi pertumbuhan AS pada 2019 dari 2,8 persen menjadi tinggal 2,5 persen. Obstfeld mengatakan selain disebabkan oleh kebijakan anggaran dan fiskal Trump, perlambatan ekonomi AS juga akan mendapatkan pengaruh kebijakan perang dagang yang dikobarkan oleh AS ke China dan sejumlah negara.

Lihat Juga :   Trump Sinyalkan Perpanjangan Waktu Negosiasi Perang Dagang - Djamal Aziz dotcom

Perang dagang tersebut berpotensi menghambat dan mengancam pertumbuhan ekonomi global. Pasalnya, perang dagang bisa merusak investasi dan proses produksi di dunia.

Obstfeld mengatakan investasi dan produksi berkaitan erat dengan perdagangan. Ia bilang perlambatan tersebut akan berdampak ke AS. “Dampaknya akan kembali. Itu akan mempengaruhi ekonomi AS,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah Direktur Pelaksana Bank Dunia Christine Lagarde menyesalkan perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dengan sejumlah negara karena bisa menimbulkan risiko pada ekonomi dunia dan AS.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz bukan pemilik berita diatas.

WhatsApp chat