Google Rogoh Kocek Rp300 Miliar Lobi Regulator AS – Djamal Aziz dotcom

Induk Google, Alphabet mengungkapkan bahwa perusahaan telah merogoh kocek hingga US$21,2 juta untuk melobi pemerintah Amerika Serikat pada 2018 silam.

Jumlah ini melampaui uang yang pernah dikeluarkan pada 2012 sebesar US$18,22 juta. Saat itu, perusahaan raksasa teknologi sedang memperluas praktek bisnisnya.

Dilansir dari Reuters, hal tersebut dipaparkan perusahaan pada pemaparan Triwulanan. Selain Google, Facebook pun mengungkapkan dalam kongres bahwa telah menghabiskan lebih banyak dana untuk melobi pemerintah pada 2018.

Jumlah yang mereka keluarkan lebih banyak daripada yang pernah mereka keluarkan sebelumnya. Pada 2018 mereka mengeluarkan US$12,62 juta. Naik dari US$11,51 juta pada setahun lalu.

Jumlah ini dilacak oleh Center for Responsive Politics. Namun, Google dan Facebook menolak memberikan komentar di luar arsip mereka.

Regulator dan pembuat undang-undang AS telah menimbang aturan privasi dan antimonopoli baru. Aturan baru ini untuk mengendalikan kekuatan penyedia layanan internet besar seperti Google, Facebook, dan Amazon inc.

Regulasi ini memunculkan kekhawatiran bagi investor teknologi.

Selain Facebook dan Google, Microsoft Corp menghabiskan US$9,52 juta untuk lobi regulator pada 2018. Apple Inc menghabiskan US$6,62 juta tahun lalu.

Sumber : CNN Indonesia
Djamal Aziz dotcom bukan pemilik berita diatas.

  •  
  • 1
  •  
  •  
    1
    Share
WhatsApp chat